Skip to content
September 12, 2014 / aisarnovita

bersemangat selalu

bismillah..

tarrraaaaaa…. alhamdulillah akhirnya aku lulus magister sejak 27 Agustus 2014. terimakasih ibuku tercinta dan anakku tersayang. i love you both..

semuanya bermula dari bulan Februari 2014. mulai dari membuat proposal selama 8 hari sejak ditetapkan judul. hingga seminar kolokium 19 Februari, penelitian mulai 28 Februari, selesai penelitian 19 Juni, ngerjain tesis kemudian revisi tesis, seminar hasil 21 Agustus 2014, dan sidang akhir 27 Agustus 2014. alhamdulillah..

eits, ini proses nya bener2 kayak roket. gitu kata temen2 ku. mereka yang sudah mulai penelitian duluan tapi belum selesai. semoga temen2ku yanti, kak astri, jesman, agus, bisa segera selesai juga yaaa.. seandainya aku tidak ada masalah sejak bulan juni 2013, dan baru mulai normal awal februari 2014, maka mungkin aku sudah selesai sejak tahun lalu. fiiuuuhhh… mengingat itu hanya membuat hati ini lemas..

ada beberapa point yang ingin aku tulis disini

1. penelitianku murni biaya pribadi, tidak jadi mendapatkan hibah penelitian, proposal untuk hibah penelitian tidak jadi aku kirim dgn beberapa pertimbangan yaitu: jika di publish ntar bukan pake namaku namun nama dosen pembimbingku, biaya penelitian dapat ditekan sekecil mungkin karena tidak jadi di order namun aku kerjain sendiri mulai dari penelitian di laboratorium terpadu di Fakutas Kedokteran USU, di Laboratorium Ekologi Tanaman, Laboratorium Penyakit, laboratorium Pangan dan Laboratorium Central di Fakultas Pertanian USU. Aku kerjain sendiri kecuali analisis betakaroten dan klorofil a dan b. yang menarik adalah aku jadi tau tentang cara analisis nya, aku pelajarin sendiri secara manual, bertanya ke prof yang ahli pada bidangnya padahal bukan dosen pembimbingku, mulai dari mempelajari alat yang emang baru dipakai pertama sekali, jadi belum ada yang ngerti pakenya, bahkan asisten lab nya disuruh dosen untuk belajar ke aku. capeeekk??? Yes. tapi rasanya nikmat belajar sudah masuk ke dalam diriku, semakin aku membaca, semakin terasa nikmatnya. contoh analisis tebal kutikula klo di order Rp. 60.000,- persample, kalikan 36 sample, dikali pengamatan 2x (Rp. 4.320.000,-) namun aku hanya bayar sewa alat Rp. 200.000,-. hihihi.. jumlah stomata bahkan aku gratis.. tis.. tisss.. seharusnya klo diorder aku hitung Rp.4.320.000,-, tapi alhamdulillah aku gratis pake alatnya. trus analisi betakaroten hanya kena total Rp. 750.000,-.. hihihi.. trus untuk analisis salinitas klo diorder Rp. 30.000,- persample, sementara sampleku ada 18, harus diukur salinitasnya 3x seminggu, aku penelitian selama 16 minggu, artinya klo diorder terkena biaya ukur salinitas Rp.25.920.000,-. namun aku hanya membayar sewa alat Rp. 100.000,-.. hihihi.. baiiikk ya kepala labnya. ini hanya sebagian contoh saja yang aku hemat.

2. dosen pembimbingku baik2 banget, dosen pengujiku juga sama baik banget. kenapa? saat aku meriksain tesis ke doping 1, aku utarakan apakah kira2 saya bisa selesai bulan 8 agar tidak bayar spp semester berikutnya pak? trus beliau bilang “bisa, asal kamu kerjainnya cepat” bahkan beliau menyemangatinku juga. thx pak Lut*i, saat aku nanya ke doping 2, beliau bilang waaahhh saya sibuk belakangan ini. tapi ternyata beliau menyerahkan pemeriksaan tesis ke doping 1, klo doping 1 acc, maka ibu prof (doping 2) juga acc. gitu kata beliau, kerena beliau sibuk banget. ga hanya sampe disini, saat aku sudah dapet jadwal seminar hasil, ternyata dosen pengujiku pergi ke KL, sblm pergi aku telpn pak Rev*ndi, dengan kebaikan hatinya beliau menyetujui dilaksanakan seminar hasil tanpa beliau. wew.. baiiikk banget kaaaan.. ooowww.. ga hanya itu saja, dosen penguji 2 bu Cha*rani ternyata salah liat jadwal yang tadinya mikir sudah sampe medan hari rabu, ternyata baru nyampe hari kamis siang sementara aku seminar hari kamis pagi. akhirnya aku lapor ke prodi dan diganti penguji ibu Di*na. eits, masalah lain ada lagi, teryata saat hari H seminarku, doping 2 ku sakit. akhirnya prodi memutuskan tetap dilaksanakan seminar karena doping ketuanya hadir… alhamdulillah…

3. saat selesai seminar hasil, langsung aku ajuin untuk meja hijau. hanya berjarak 6 hari doang langsung meja hijau.. aaiiiihhh. harus revisi secepatnya, aku pun begadang ngerjain revisi. akhirnya selesai revisi dan acc. hari senin ternyata ada olah data yang masih harus direvisi ulang. dan akupun begadang ngerjain revisi, alhamdulillah hadi dan arnen membantuku. mereka ngebantu tanpa pamrih. baiiikkk banget yaaa. arnen bahkan ga tidur malam sama sekali sampe jam 6 pagi baru dikirimnya email hasil data yang dikerjainnya. thx arnen dan hadi. nggak hanya sampai disini, di hari H aku meja hijau, aku ngantuk berat karena ga tidur 2 hari 2 malam. hihihi… aku ceritain ke pak *lut*i bahwa aku tidak tidur.. hihihi. saat sidang ada yang ga konek apa yang ditanya tapi lain yang dijawab dan akhirnya aku diketawain, trus dibilang pak lut*i bahwa aku ga tidur sudah 2 hari.. haghaghag.. alhamdulilllah semuanya baiiikk padaku..

4. terimakasih ibu, aufar, aam, umi sunya, makcik rau, pak lut*i PhD, ibu Prof ros*ayati, pak rev*ndi PhD, ibu Dr. Dia*a, ibu Dr.Cha*rani, hadi, arnen, kk sri, boy, dan semua temen2 yang sudah baiikk banget.. terimakasih..

alhamdulillah..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: