Skip to content
Juli 24, 2012 / aisarnovita

4 juz / hari (Mumpung Ramadhan)

bismillah…..

ramadhan tahun2 yang sebelumnya, buat khatam 30 juz aja kayaknya aku susah banget.. knp? karena semua terletak pada niat di qalbu kita.. ada kemauan pasti ada jalan. iya kaaann… ( ciee.. haha)

jadi inget dengan kepala sekolah ku waktu aku masih madrasah, beliau Hafidz Al-qur’an, dan setiap Ramadhan, 1 hari hatam Al-qur’an, kalo puasanya 30 hari, berarti beliau hatam 30 kali dalam 1 bulan (subhanallah)…

aku hanya ingin berbagi kepada orang yang aku sayangi, sahabat, adik, kakak, dan temen2.. tidak ada sedikitpun bermaksud menggurui, aku sadar kalo aku saaangat banyak kekurangan dari semua yang ngebaca, karena aku baru saja mulai belajar.

Membaca al-Qur`an sangat dianjurkan bagi setiap muslim di setiap waktu dan kesempatan, Rasulullah bersabda:

Bacalah al-Qur`an, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya” ( HR. Muslim).

Dan membaca al-Qur`an lebih dianjurkan lagi pada bulan Ramadhan, karena pada bulan itulah diturunkan al-Qur`an. Firman Allah

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS: al-Baqarah:185).

Rasulullah  selalu memperbanyak membaca al-Qur`an di hari-hari Ramadhan, seperti diceritakan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah r membaca al-Qur`an semuanya, sembahyang sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan.”( HR. Ahmad ).
Dalam hadits Ibnu Abbas  yang diriwayatkan al-Bukhari, disebutkan bahwa Rasulullah  melakukan tadarus al-Qur`an bersama Jibril  di setiap bulan Ramadhan.

(sumber: IslamHouse.com)

Kita semua punya segudang activity setiap hari, dosen, dokter, PNS, dll, apalagi temen2 ku yang kerja di kebun yaaa, FA, askep, manager, AM, dan GM serta direksi (tiap hari dikejar target2, rapat, dll, under pressure).

kita sanggup kerjain tugas kerjaan karena sebagai kewajiban hingga tahan begadang sampai larut malem.. yaa.. sudah selayaknya juga kita sanggup begadang buat tadarusan, mumpung ramadhan..

aku dapet TIPS yang ku buat sendiri nih  (buat cewek).. CARAnya???

kita (cewek) kan rata2 biasanya bisa puasa hanya 23 hari di Ramadhan, jadi buat khatam 3 kali dalam Ramadhan, yuk kita coba ini (SEMANGAT!!!)…..

– setelah shalat subuh, dibaca Al- qur’an nya 1 juz aja. dulu nih, kalo selesai shalat subuh, aku sukaaaa banget tidur lagi.. hehe.. ternyata Rasulullah tidak pernah tidur setelah selesai shalat subuh.

– setelah shalat maghrib kita lanjutin berbuka, kemudian sambil menunggu shalat isya, dibaca Al- qur’an nya, tidak ada target, bisa dapet +/- 1/2 juz nih..

– setelah tarawihan, dilanjutin deh baca Al-Qur’annya.. Nah, disini kita punya banyak waktu kan.. diselesaikan bacaan Al-qur’an nya  +/- 2 jam

dapet deh 4 juz.. eits.. jangan cukup sampai disini, karena masih ada waktu selesai Dzuhur dan Ashar..

– setelah shalat dzuhur dan ashar, pakai sedikit waktu buat baca terjemahan apa yang sudah kita baca, karena akan lebih baik kita mengetahui arti dari yang kita baca..

semoga bermanfaat buat ku dan buat yang sudah ngebaca..

  1. purna / Jul 25 2012 1:19 PM

    Alhamdulillah… semoga tetap semangat sampe akhir🙂

  2. devie / Jul 29 2012 10:02 AM

    Insya اَللّهُ 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: