Lanjut ke konten
April 7, 2014 / aisarnovita

ok ok ok

bismillah..

alhamdulillah renovasi rumah brandan sudah selesai dalam waktu 1,5 bulan, sudah selesai di cat juga. tinggal tukang talang yang sudah dipesen dan insyaAllah 2 hari selesai katanya. alhamdulillah penelitian berjalan lancar. alhamdulillah adikku aam sudah sampe di Jakarta tgl 4 kemaren dan insyaAllah akan pulang ke brandan tgl 12 bulan ini. aam cuti 21 hari setelah itu akan balik tugas ke lebanon lagi.

oh ya, pertengahan bulan maret lalu aku dan uni pergi ke acara family gathering di auto 2000 medan sekalian makan malam bersama. diundang karena uni beli mobil baru di toyota. trus ada angpao dan doorprizes nya. ternyata emang aku beruntung banget. dapet doorprize euy.. dari sekian ratus yang dateng.. hihihi.. alhamdulillah..

ditengah kesibukan yang bener2 padet akhir2 ini, aku masih bisa posting yak.. hihihi.. posting dari hp doang (sering nih dari dulu).. dan alhamdulillah fikiran lebih santai sekarang. aku pernah sakit di bulan november hingga desember yang menyebabkan bb tinggal 39kg. hiks. itu bb saat aku smp duluuu. eh, tapi.. tapi.. di bulan februari sudah mulai baikan dan bisa berfikir normal, alhamdulillah tadi pagi nimbang sudah 44 kg (januari 2013 klo ga salah bb ku 42 kg). nafsu makan banget sekarang.. tidur juga pulas.. tinggal nambah 3 kg lagi untuk bisa proporsional, kira-kira 2 bulan lagi yak.. aku ga nyangka bisa normal dalam waktu singkat, aku fikir tadinya aku butuh 1 tahun lebih untuk pemulihan, tapi Alqur’an dan tahajjud bener2 ngefek banget untuk pemulihanku. innalillahi wa inna ilaihi rojiun.. allahummajurni fi musibati wa akhlifli khairan minha.. doa ini selalu aku ucapkan saat aku sedih. alhamdulillah semuanya ok ok ok..

i love you Allah..

 

Maret 25, 2014 / aisarnovita

perjalanan

Bismillah.. 

Lelah fikiran dan badan ini… banyak banget yang harus difikirin.. mikirin penelitian, mikirin renovasi rumah, mikirin kerjaan, mikirin tugas sbgai ibu sekaligus ayah utk aufar, mikirin uni yang akhir2 ini sering minta tolong jagain anaknya hingga kadang kerjaan penelitian siang hari harus dikerjain setelah uni pulang kerja jadi br selesai maghrib urusin penelitian. Sampe di rmh harus berbenah sampe malam. Biasanya bisa tilawah 2 atau 3 juz perhari krna kapan ada waktu luang nyempatin tilawah walau dikampus namun sekarang kadang susah untuk 1 juz/hari. Lelah juga. Ntah laaa… banyak banget.. lelah fikiran dan badan ini. Ayah.. seandainya ayah masih ada.. opi ga akan mikirin renovasi rmh. Ayah yg akan berurusan dgn tukang.  Ngurusin pajak motor, ngurusin ini dan itu. Merangkap tugas sebagai ayah untuk dirmh brandan krna aam tugas ke lebanon, merangkap tugas sebagai ibu dan ayah untuk aufar, tugas sebagai mahasiswa (anak), tugas sebagai pembantu uni. Oohhh.. semua yg difikirin tdk hanya sekedar difikirin namun harus terlaksanakan. Opi kangen ayah.. sungguh kangen ayah.. klo ayah ada, ayah pasti yg ngerjain separuh tugas opi saat ini. membantu opi.. nyemangatin opi dalam  semua hal. Kadang opi pingin menyerah. Sudah lelah badan dan fikiran.. sungguh sudah lelah ayah..

Ya Allah.. lancar kan lah semuanya. Permudahkan lah semua tugas hambaMu ini.. sungguh berat hamba ngejalanin tugas yang selayaknya dikerjain oleh 4 orang namun hamba kerjain sendirian.

Maret 21, 2014 / aisarnovita

qolbu

Bismillah..

Aku mengakui bahwa sulitnya menyamakan lisan dan hati terdalam (qolbu). Dalam hal ini adalah bahwa lisanku mengatakan aku sudah memaafkan namun ternyata hati belum ikhlas.

Sepanjang hidupku, setiap orang yang sudah mengucapkan maaf, insyaAllah sudah aku maafin. Namun ada 1 orang yg sama sekali tidak pernah meminta maaf kepadaku. Orang itu sudah memfitnahku di pengadilan agama dan ke orang2 lain, dia juga sudah mengambil haknya aufar namun tidak mengakuinya kepada ayah aufar sehingga membuat ayah aufar malah menuduh ibuku penipu padahal aku punya bukti print dari bank, dan banyak hal lain yg menyakiti ku. Dalam benakku saat itu dia adalah orang jahat. Astaghfirullah..

Ya Allah. Aku sedih atas hati ini. Karena ternyata ada noda dalam hatiku. Sungguh sedih ketika menyadari noda itu. Saat tau dia sakit dan terbaring tdk bisa makan berbulan2. Malah aku mikir “tu laa jahat sama aku”. Dan bln november thn lalu dia meninggal, namun aku tidak sedih. Hingga aku menyadari bahwa ternyata ada noda dalam hatiku. Sungguh aku sedih. Sedih karena hatiku tercemar. Allah.. ampuni hambaMu ini ya Allah. Seumur hidupku, baru ini aku merasa ada memiliki rasa benci pada orang. Mungkin karena tidak pernah terucap kata maaf darinya hingga dia meninggal. Namun ya Allah, insyaAllah saat ini aku ikhlas memaafinnya. Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wa’fuanhu.

Ya Allah.. bersihkan hati hambaMu ini.. jangan biarkan ada setetes pun noda hitam dalam hatiku. Aku tidak pingin memiliki ada rasa benci kepada makhlukMu ya Allah.. bersihkan hati hamba ya Allah.. sungguh hamba takut memiliki hati yang rusak.

Tulisan ini aku tujukan untukmu permata hati ibu.. aufar.. jika ibu sudah meninggal.. inget ya pesan ibu karena jika ibu sudah tidak ada, ibu tidak bisa menasehati mu hati ibu.. aufar adalah hati ibu.. jangan pernah kotori hati aufar dengan memiliki rasa benci kepada makhkuk Allah.. terlebih lagi memiliki dendam. Ibu sayang sama aufar melebihi nyawa yang ibu miliki. I love you hati ibu.

Maret 11, 2014 / aisarnovita

aku mencintaimu dalam diam

bismillah..

aku ga menghubungimu, ga kirim pesan untuk mu, ga angkat telpn dari mu, ga bales pesan mu. ini adalah caraku ku mencintaimu. aku mencintaimu dengan menjauh darimu, tidak sedikitpun ada benci atau dendam padamu, namun karena  aku sangat mencintaimu dengan setulus2 hatiku, aku ingin menjaga diriku juga menjaga dirimu.

ini terasa sulit, terasa berat, terasa sedih, karena aku kangen padamu dan aku menahan rasa kangen ini setiap hembusan nafasku. kamu selalu ada dalam setiap doa ku terutama doa ku di sepertiga malamku, setiap hari setiap saat aku memikirkanmu, namun aku tahu ini pilihan terbaik agar kita tak terlalu saling mengharap dan agar kita selalu terjaga. hatiku selalu untukmu. kepada Allah aku berdoa agar menjagamu untukku dan kepada Allah kutitip hatimu dan hatiku. agar kebaikan selalu untukmu dan untukku. sungguh aku mencintaimu. kupasrahkan semuanya pada Allah. aamiin

Maret 11, 2014 / aisarnovita

sok sibuk doang

bismillah..

Akhirnya bisa posting juga euy.. bisa punya waktu luang (sok sibuk doang yak..) hihihi..

Terharu rasanya atas semua yang terjadi akhir2 ini. mulai dari proses pembuatan proposal dari pembuatan judul hingga acc proposal hanya 8 hari (tidur malam hanya 1 atau 2 jam doang selama seminggu untuk buat proposal harus membaca international journal sebanyak 94 jurnal in english), nemuin dosen dan konsultasi hingga acc dan langsung daftar seminar hari itu juga tgl 11 februari dan keluar jadwal seminar 19 februari, mengurus keperluan seminar, kemudian perbaikan proposal hingga acc, kemudian mulai penelitian, mencari laboratorium untuk periksa sampel pengamatan, hingga sekarang alhamdulillah aku diterima menjadi dosen disalah satu Universitas swasta di Medan. Seharusnya aku belum memenuhi syarat jadi dosen karena masih belum selesai magister ku, namun berhubung aku sudah mulai penelitian. alhamdulillah keterima. nambah deh kegiatan sekarang, selain penelitian yang cukup menghabiskan waktu. sigh..

di rumah, aku menjadi seorang ibu sekaligus menjadi seorang ayah untuk aufar. sekarang ibuku lagi merenovasi rumah kami yang di brandan. ga banyak yang di rubah, namun cukup membuat aku sibuk karena mulai dari beli bahan2 semuanya aku yang ngelakuin, banyak bahan2 yang aku butuhkan harus pesen dulu di toko bangunan di brandan karena yang aku ingin tidak tersedia di brandan dan harganya juga jauh lebih mahal dibanding beli di medan, jadi aku beli langsung di medan. klo di brandan yang tersedia hanya keramik dengan merek2 tertentu, aku kurang tertarik, yaaa… aku sendiri yang milih keramik, gypsum, hand shower, toilet shower, toilet duduk, dll, aku beli di medan. namun bahan2 lain seperti pasir, batu kerikil, besi2, kayu2, dll aku beli di brandan. bulak balik harus mengecek kerjaan tukang di brandan. fiiuuuhh..

kok masih sempet posting di blog? yes!! it would be my story..

Februari 25, 2014 / aisarnovita

hehehe

bismillah..

pernah ada yang nanya kepadaku tentang gambaran diriku. bagaimana aku menjelaskannya yaaaa….

aku adalah orang yang galak (hiiiiii… serem kaaaan aku), pelupa (wah.. klo ini mah sudah stadium 4 akut, dititipin ini, dititipin itu… sukaaaa banget lupa, besok lupa lagi), ada oon2 nya (mungkin karena aku suka berfikir positif sehingga kurang faham akan kejahatan diluar), agak tulalit (emang ya kadang aku suka ga nyambung klo lagi ngobrol.. hahaha..), bersahabat (aku sayang sahabat dan temen2ku), baik hati (muji diri sendiri doang nih.. hihihi), tidak suka dendam (menurutku ga ada gunanya dendam karena hanya akan mengotori hati kita), cemburuan (klo sudah jatuh cinta maka aku tidak akan rela berbagi “dia” dengan wanita manapun kecuali ibunya dan saudara perempuan kandungnya.. karena aku bisa diluar kendali.. hiiiii sereeeemmm.. pasti keluar tandukku), suka menolong (ini muji diri sendiri part two.. sigh), cengeng (dikit2 nangis.. dikit2 nangis.. trus ga bisa makan, trus ga bisa tidur.. hahaha..), bersemangat (sebagian temen2ku di sma berkata.. aisar itu batrenya ga habis2.. gerak terus.. semangat terus.. eh.. eh.. bukan temen2 sma doang, tapi hampir semua yang kenal nih, except yang kenal after 2010 akan jawab berbeda), suka khawatir pada orang yang disayang (kadang kekhawatiran ini terlalu berlebihan.. misal, orang yang aku sayang sedang dalam perjalanan naik bis atau pesawat, nah.. aku pasti khawatir, cemas, campur aduk fikiran, dan dalam fikiran pasti selalu kefikiran dan selalu berdo’a yang baik untuk yang aku sayang, padahal aku lagi ngerjain sesuatu, tapi hati dan fikiranku selalu mendo’akan.. sering nih netesin air mata karena khawatir sambil berdo’a.. bener2 aku orang yang aneh yak. gitu aja kok khawatir. tapi emang seperti itu adanya.. makanya aneh.. yaaa.. bisa dikatakan aku masuk kategori manusia aneh binti ajaib.. haha hihi huhu), sederhana (sederhana dalam sikap dan perbuatan serta perkataan, karena emang ga ada yang bisa aku banggain dalam diriku.. semuanya penuh kekurangan disana sini.. luar dan dalam penuh kekurangan.. semoga dengan kekurangan yang aku miliki, Allah memilihkan pria yang berhati malaikat yang mampu menerima kekurangan2 ku luar dan dalam yang menjadikanku halal untuknya). aamiin. aamiin..

Februari 21, 2014 / aisarnovita

bismillah..

alhamdulillah atas semua kemudahan yang aku dapat saat ini. semua terasa lancar dan terasa ringan untuk dijalani. semalam aku survey analisis sample, saat aku tau bahwa uji sample beta karoten berkisar Rp 350.000/sample, sementara jumlah sample ku 12. itu hanya untuk 1 parameter, belum lagi parameter ku yang lain, kemudian aku hubungi dosen pembimbing I (pak L*****), langsung beliau menawarkan hibah penelitian kepadaku di lembaga penelitian USU atas nama beliau. nilainya minimal Rp 50.000.000, (biasanya lebih dari itu). alhamdulillah.. padahal klo aku total penelitian ku berkisar 15-20 juta. aku satu-satunya mahasiswa yang ditawarkan hibah penelitian oleh dosen pembimbing (ini baru pertama kali terjadi lo saudara-saudara). alhamdulillah.. baik banget dosen pembimbingku kaaaan. aku senang karena semua terasa lancar. saat aku butuh tanda tangan, eee.. kedua dosen pembimbing ada, dan langsung tanda tangan. wew. kereeennn.. dan bisa langsung daftar seminar hari itu juga, kemudian keluar jadwal seminar dalam waktu singkat. wew.. kereeenn.. sementara temen2 pada lama nungguin jadwal. alhamdulillah.. saat aku undang temen2 untuk hadir, sebagian besar temen pada hadir. biasanya untuk menghadirkan 10 orang peserta aja sulit, tapi saat aku seminar alhamdulillah banyak yang hadir, bahkan ibu n*** dan ibu h****** dosen ku saat s1 yang aku undang juga hadir, banyak anak s3 yang hadir dalam seminarku dan memberikan kontribusi positif untukku. (tapi kue yang aku sediain kurang… karena biasanya 19 kotak sering berlebih, tapi karena yang hadir hampir 30 peserta, yaaaaa… jadi kurang konsumsinya. maap ya ibu/bapak/temen2).. alhamdulillah.. semua berjalan lancar dan mudah. saat aku butuh alat EC/TDS Meter Mi 306, eee.. taunya alat masih baru, ga perlu beli, padahal aku akan pake alat itu setiap hari sampe selesai penelitian. kenapa bisa mudah pinjemnya? karena ibu dosen pembimbing II (Bu R******** menghubungi kepala lab nya) alat masih perdana euy. alhamdulillah.. saat aku butuh ini dan itu terasa lancar.. dan masih banyak lagi hal lainnya yang tidak bisa aku uraikan satu persatu.

proposalku belum aku posting sekarang karena sesuatu hal, namun akan aku posting jika aku sudah meja hijau, dan jika sudah terbit jurnal ku. insya Allah jurnal ku dalam bahasa Inggris, agar bisa bermanfaat international.

daftar pustaka ku ada 74, sangat disayangkan, ada sebanyak 43 international journals yang ga kepake karena aku sempat ganti judul penelitian padahal sudah aku baca dan fahami. mudah2an bermanfaat karena artinya aku mendapatkan ilmu yang lainnya.

ini aku tampilin daftar pustaka doang.. hihihi..

DAFTAR PUSTAKA

 Ahmad, P., C.A. Jaleel., M.A. Salem., G. Nabi and S. Sharma S. 2010. Roles of Enzymatic and non-enzymatic antioxidants in plants during abiotic stress.Crit Rev Biotechnol 30(3):161–175.

Ahmad, P dan S. Umar. 2011. Oxidative stress: role of antioxidants in plants. Studium Press, New Delhi.

Ahmad.P., G. Nabi and M. Ashraf. 2011. Cadmium-induced oxidative damage in mustard[Brassica junceaL. Czern. &Coss.] plants can be alleviated by salicylic acid. South Afr J Bot 77:36–44.

Ali. H.M.,M.H. Siddiqui., M.O. Basalah., M.H. Al-Whaibi., A.M. Sakran and A. Al-Amri. 2011. Effects ofgibberellic acid on growth and photosynthetic pigments of Hibiscus sabdariffaL. under saltstress. Afr J Biotechnol 11:800–804.

Almansouri, M., J.M. Kinet and S. Lutts. 2001.Effect of salt and osmotic stresses on germination in durumwheat (Triticumaestivum). Plant Soil, 231: 243-254.

Arfan.M., H.R. Athar and M. Ashraf.2007. Does exogenous application of salicylic acid through therooting medium modulate growth and photosynthetic capacity in differently adapted springwheat cultivated under salt stress? J Plant Physiol 6:685–694.

Azzedine, F., H. Gherroucha and M. Baka. 2011. Improvement of salt tolerance in durum wheat by ascorbic acid application. J Stress PhysiolBiochem 7:27–37.

Barba-Espin G., M.J. Clemente-Moreno., S. Alvarez., M.F. Garcia-Legaz., J.A. Hernandez and P. Diaz-Vivancos. 2011. Salicylic acid negatively affects the response to salt stress in pea plants. Plant Biol13:909–917.

 Bohnert, H.J., D. Nelson. and R.G. Jensen, 1995. Adaptations to environmental stresses.Plant Cell.

Charles-Edward, D.A. 1982.PhysiologicalDeterminants of Crop Growth.Academic Press.Sidney.

Chen, C.C., J.D. Hsu, S.F. Wang, H.C. Chiang, M.Y. Yang and E.S. Kao, 2002.Hibiscus Sabdariffaextractinhibits the development of atherosclerosis in cholesterol-fed rabbits. J. Agric. food Chem., 51: 5472-5477.

Copeland, L.O. andM.B.Mc.Donald. 2004. Principles of Seed Science and Technology. Kluwer Academic Publishers. London.

Davies, P.J. 1995. Plant Hormones, Physiology, Biochemistry and Molecular Biology.2nd edition.Kluwer Academic Publishers. Netherlands.

DPU. 1997. Kebijaksanaan Pembangunan IrigasiDalamPeningkatanProduksiPangan (Formulasi Program PengembanganIrigasipada PJP II). DirektoratBinaTeknikJenderalPengairanDepartemenPekerjaanUmum.

Effendi, R and Suwardi.2010. ResponTanamanJagungHibridaterhadap Tingkat TakaranPemberian Nitrogen danKepadatanPopulasi.BalaiPenelitianTanamanSerealia. Sulawesi Selatan.

El Tayeb.M.A. 2005. Response of barley grains to the interactive effect of salinity and salicylicacid. Plant Growth Regul 45:215–224.

Erdal. S. M., Aydın., M. Genisel., M.S. Taspınar., R. Dumlupinar., O. Kaya and Z. Gorcek. 2011. Effects ofsalicylic acid on wheat salt sensitivity. Afr J Biotechnol 10:5713–5718.

FAO, 2005. Global network on integrated soil management for sustainable use of salt affected soils, Rome, Italy: FAO Land and Plant Nutrition Management Service.

Gemes. K., E. Poor Horvath., Z. Kolbert., D. Szopko., A. Szepesi and I. Tari I. 2011. Cross-talk between salicylicacid and NaCl-generated reactive oxygen species and nitric oxide in tomato during acclimationto high salinity.Physiol Plant 142:179–192.

Gunes.A., A. Inal., M. Alpaslan., F. Eraslan., E.G. Bagci and N. Cicek.2007. Salicylic acid induced changeson some physiological parameters symptomatic for oxidative stress and mineral nutrition inmaize ( Zea mays L.) grown under salinity. J Plant Physiol 164:728–736.

Hasanuzzaman.M., M.A. Hossain and M.Fujita. 2011. Nitric oxide modulates antioxidant defense and the methylglyoxaldetoxi fi cation system and reduces salinity-induced damage of wheat seedlings. Plant Biotechnol Rep 5:353–365.

Hasanuzzaman M, M.A. Hossain., J.A.T. da Silva and M. Fujita. 2012. Plant responses and tolerance to abiotic oxidative stress: antioxidant defenses is a key factors. In: Bandi V, Shanker AK, Shanker C, Mandapaka M (eds) Crop stress and its management: perspectives and strategies. Springer, Berlin, pp 261–316.

Hasanuzzaman, M., K. Nahar and M. Fujita. 2013. Plant Response to Salt Stress and Role of Exogenous Protectants to Mitigate Salt-Induced Damage. SprigerScience+Busines Media.

Hayat S and A. Ahmad. 2011. Brassinosteroids: a class of plant hormone. Springer, Dordrecht.

Horvath.E., G. Szalai and T. Janda. 2007. Induction of abiotic stress tolerance by salicylic acid signaling.J Plant Growth Regul 26:290–300.

Hossain, M.A., S. Munemasa., M. Uraji., Y. Nakamura., I.C. Mori and Y. Murata. 2011. Involvement of endogenous abscisic acid in methyl jasmonate-induced stomatal closure in Arabidopsis . Plant Physiol 156:430–438.

Hoque, M.A., M.N.A. Banu., E. Okuma., K. Amako., K. Nakamura., Y. Shimoishi and Y. Murata. 2007. Exogenous proline and glycinebetaine increase NaCl-induced ascorbate-glutathione cycle enzyme activities, and prolineimproves salt tolerance more than glycinebetaine in tobacco Bright Yellow-2 suspension-cultured cells. J Plant Physiol 164:1457–1468.

Ioannidis, N.E., J.A. Cruz., K. Kotzabasis and D.M. Krame. 2012. Evidence that putrescine modulates the higher plant photosynthetic proton circuit. PLoS One 7:e29864.

Ismail, A., Ikram, E.H.K., and Nazril, H.S.M. 2008. Roselle (Hibiscus sabdariffa L.) Seeds – Nutritional Composition, Protein Quality and Health Benefits. Food Global Science Books, Malaysia.

Iqbal.N., A. Masood and N.A. Khan. 2012. Phytohormones in salinity tolerance: ethylene and gibberellins cross talk. In: Khan NA, Nazar R, Iqbal N, Anjum NA (eds) Phytohormones and abiotic stress tolerance in plants. Springer, Berlin, pp 77–98.

Jamil.Mnd E.S.  Rha. 2007.Gibberellic acid (GA3) enhance seed water uptake, germination and earlyseedling growth in sugar beet under salt stress. Pak J BiolSci 10:654–658.

Jones, H.G. 1992. Plant and Microclimate.Aquantitative approach to environmental plantphysiology.2nd ed. Cambridge Univ. Press.

 Kandil, A.A., A.E, Sharief., , W.A.E, Abido., and , M.M, Ibrahim. 2012. Effect of Salinity on Seed Germination and Seedling Characters of Some Forage Sorghum Cultivars.International Journal of Agriculture Sciences, ISSN: 0975-3710 & E-ISSN: 0975-9107, Volume 4, Issue 7, pp-306-311.

Kandil, AA., A.E. Sharief., dan E.S.E. Nassar. 2012. Response of Some Rice (Oryza sativa L.) Cultivars to Germination Under Salinity Stress. International Jounal of Agriculture Sciences, ISSN: 0975-3710 & E-ISSN: 0975-9107, Volume 4, Issue 6, 2012.

Kaya.C., A.L. Tuna and I. Yokas. 2009. The role of plant hormones in plants under salinity stress. In:Ashraf M, Ozturk M, Athar HR (eds) Salinity and water stress: improving crop ef fi ciency.Springer, Berlin, pp 45–50.

Kim, S.G and C.M. Park. 2008.Gibberellic acid-mediated salt signaling in seed germination. PlantSignal Behav 3:877–879.

Lin, T., H. Lin, C. Chen, M. Lin, M. Chou and C. Wang, 2007.Hibiscus Sabdariffaextract reduces serumcholesterol in men and women. Nutr Res., 27: 140-145.

Long Ashton Research Station, 2003. Gibberellins: A Short History, http://www.plant-hormones.info.

Magome, H., S. Yamaguchi., A. Hanada., Y. Kamiya and K. Odadoi. 2004. Dwarf and delayed- flowering1, a novel Arabidopsis mutant de fi cient in gibberellins biosynthesis because of overexpressionof a putative AP2 transcription factor. Plant J 37:720–729.

Mahajan, S and N. Tuteja. 2005. Cold, salinity and drought stresses: an overview. Arch BiochemBiophys 444:139–158.

Mardiah., R. Arifah., W.A. Reki., danSawarni. 2009. BudidayadanPengolahanRoselaSimerahsegudangManfaat. AgromediaPustaka. Bogor.

Mohammadizad, H.A., I. Khazaei., M. Ghafarii., M.F.S. Fatehi., dan B. Roghaieh. 2013. Effect of Salt Stress and Drought Stresses on Seed Germination and Early Seedling Growth of Napetapersica. International Journal of Farming and Allied Sciences, ISSN 2322-4134.

Moosavi, S.G., M.J. Saghatoleslami., H. Javadi., S.M. Moosavi., Z. Jouyban., E. Ansarina and M. Nasiri. 2013. Effect of Salt Stress on Germination and Early Seedling Growth of Roselle (Hibiscusssabdariffa). Global Journal of Madicine Plant Research, 1(1):124-127,2013.

Morton, J.F. 1987. Roselle. In: Morton JF, Dowling CF, (eds). Fruits of warm climates.Miami, Florida Flair Books. Pp: 281-286. [cited 2007 Nov 17]. URL: www.Hort.purdue.edu/newcrop/Morton/roselle.html.

Munns, R and M. Tester. 2008. Mechanisms of salinity tolerance. Annu Rev Plant Biol 59:651–681.

Nazar.R., N. Iqbal., S. Syeed and N.A. Khan. 2011. Salicylic acid alleviates decreases in photosynthesisunder salt stress by enhancing nitrogen and sulfur assimilation and antioxidant metabolismdifferentially in two mungbean cultivars. J Plant Physiol 168:807–815.

Neumann, P.M., 1995. Inhibition of root growth by salinity stress: Toxicity or an adaptive biophysical response.In: Baluska F, Ciamporova M, Gasparikova O and Barlow PW (Eds.), Structure and Function of Roots.Springer, Dordrecht, pp: 352, ISBN: 0792328329.

Neumann, P., 1997. Salinity resistance and plant growth revisited. Plant Cell andEnvironment, 20: 1193-1198.

Nilsen, E.T., O.M. Orcutt. 1996. Physiology of Plants under Stress. Abiotic factors.John Wiley andSons Inc. Kanada.

Nounjan, N., P.T. Nghia and P. Theerakulpisut. 2012. Exogenous proline and trehalose promote recovery of rice seedlings from salt-stress and differentially modulate antioxidant enzymes and expression of related genes. J Plant Physiol 169:596–604.

Pitman, M.G and A. Lauchli. 2002. Global impact of salinity and agricultural ecosystems. In: Lauchli A, Luttge U (eds) Salinity: environment – plants – molecules. Kluwer, Dordrecht, pp 3–20.

Poor, P., K. Gemes., F. Horvath., A. Szepesi., M.L. Simon and I. Tari. 2011. Salicylic acid treatment via the rooting medium interferes with stomatal response, CO 2 fi xation rate and carbohydrate metabolism in tomato, and decreases harmful effects of subsequent salt stress. Plant Biol 13:105–114.

Rahmawati, R. 2012. Budidaya Rosella. PustakaBaru Press.Yogyakarta.

Rao, P.U., 1996. Nutrient Composition and Biological Evaluation of Mesta (Hibiscus sabdariffa) Seeds. Plant Foods for Human Nutrition 49,27-34.

Raskin  I. 1992. Role  of  salicylic  acid  in  plants. Ann  Rev  Plant  Physiol  Plant  MolBiol 1992;43:439-63.

RawiaEid, A., L.S. Taha and S.M.M. Ibrahiem. 2011. Alleviation of adverse effects of salinity on growth, and chemical constituents of marigold plants by using glutathione and ascorbate. J Appl  ci Res 7:714–721.

Rood SB, Buzzell R I, Major DJ, Pharis RP. 1990. Gibberellins and Heterosis in Maize: quantitative relationship. Crop Sci. 30: 281–6.

Sakhabutdinova, A.R., D.R. Fatkhutdinova., M.V. Bezrukova and F.M. Shakirova. 2003. Salicylic acid preventsthe damaging action of stress factors on wheat plants. Bulg J Plant Physiol 314–319.

Samy, M.S., 1980. Chemical and Nutritional Studies on Roselle Seeds (Hibiscus sabdariffa L.).ZeithErnahrungswisse.

Seghatoleslami, M.J., 2010. Effect of salinity on germination of SaturejahortensisL., CichoriumintybusL. and CynarascolymusL. Iranian Journal of Agricultural Researches.

Soltani, A., M. Gholopoor and E. Zeinali, 2006. Seed reserve utilization and seedling growth of wheat asaffected by drought and salinity. Environ. Exp. Bot., 55: 195-200.

Stevens, J., T. Senaratna and K. Sivasithamparam. 2006. Salicylic acid induces salinity tolerance intomato ( Lycopersiconesculentumcv. Roma): associated changes in gas exchange, water relationsand membrane stabilisation. Plant Growth Regul 49:77–83.

Sundstrom F.J., R.B. Reader and R.L. Edwards. 1987. Effect of Seed Treatment and Planting Method on Tobasco Pepper. J Am SocHortSci 112:641-644.

Suriadikarta, D. A. danSutriadi, M. T., 2007.Jenis-jenisLahanBerpotensiuntukPengembanganPertanian di LahanRawa.BalaiPenelitian Tanah, Bogor.

Sutopo, L., 1993. TeknologiBenih. Rajawali Press. Jakarta.

Suwarto. 2013. PerubahanKlorofil, LuasDaunSpesifik, danEfisiensiPenggunaanCahayaUbiKayupadaSistemTumpang Sari denganJagung. DepartemenAgronomidanHortikultura, FakultasPertanian, InstitutPertanian Bogor. Bul. Agrohorti 1 (1) : 135 – 139 (2013).

Tahir, M.A., T. Aziz., M. Farooq and G. Sarwar. 2012. Silicon-induced changes in growth, ionic composition, water relations, chlorophyll contents and membrane permeability in two salt-stressed wheat genotypes. Arch Agron Soil Sci 58:247–256.

Tanou, G., A. Molassiotis and G. Diamantidis. 2009. Induction of reactive oxygen species and necrotic death-like destruction in strawberry leaves by salinity. Environ Exp Bot 65:270–281.

Tavakkoli, E., P. Rengasamy and G.K. McDonald. 2010. High concentrations of Na + and Cl – ions in soil solution have simultaneous detrimental effects on growth of faba bean under salinity  tress. J Exp Bot 61:4449–4459.

Torabian, A.R. 2011. Effect of salicylic acid on germination and growth of alfalfa ( Medicago sativaL.) seedlings under water potential loss at salinity stress. Plant Ecophysiol 2:151–155.

Van Huizen.R., J.A. Ozgaand.M.Reinecke.1997. Seed and hormonal regulation of gibberellins20-oxidase in pea pericarp. Plant Physiol 115:123–128.

Werner, J.E. and R.R. Finkelstein, 1995.Arabidopsis mutants with reduced responseto NaCl and smotic stress.PhysiologiaPlantarum, 93: 659-666.

Yang, T., P.J. Davies and J.B. Reid. 1996. Genetic dissection of the relative roles of auxin and gibberellinin the regulation of stem elongation in intact light-grown peas. Plant Physiol 110:1029–1034.

Yusuf, M., Q. Fariduddin., P. Varshney and A. Ahmad.2012. Salicylic acid minimizes nickel and/orsalinity-induced toxicity in Indian mustard ( Brassicajuncea) through an improved antioxidantsystem. Environ SciPollut Res 19:8–18.

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.